Sunday, January 10, 2016

Mahkota Kayong Hotel



Alamat: Jl. Irama Laut Sukadana, Kalimantan Barat 78852
Telepon:(061) 7722777

===================================

Sambung lagi....

Dari Pontianak, saya menuju Kabupaten Kayong Utara melalui pelabuhan Seng Hie yang menempuh waktu lima jam menggunakan perahu cepat. Bisa dibayangkan, lima jam duduk di perahu dengan kecepatan setara 63 kilometer per jam, hampir konstan karena tidak ada lampu merah, polisi tidur, atau ngetem menunggu penumpang. Konon, kalau melalui jalan darat bisa ditempuh 12 jam lebih.


Kapal Tongkang

Perahu menyusuri Sungai Kapuas menuju laut lepas. Perahu harus berkelak kelok menghindar batang pohon yang mengambang. Biar terlihat kecil mengambang, bisa jadi bagian yang besar dan kokoh menghujam ke dalam air. Bahaya jika perahu menghantam batang tersebut. Perahu berkapasitas hingga 30 penumpang itu pun harus gesit menghindar hantaman gelombang yang berasal dari kapal Tongkang yang juga hilir mudik di jalur yang sama.
 

 Kecepatan tinggi


"Rest Area"

Separuh perjalanan, awak perahu dan penumpang diberi kesempatan untuk sekedar beristirahat, meluruskan kaki, dan singgah di kamar mandi. Kalau lapar, bisa menyicipi santapan khas pesisir. 


 Udang Bambu yang mengundang selera


 Ikan goreng


Udang

Ada udang, ikan, cumi, bermacam sayur yang menggugah selera. Soal harga tidak perlu khawatir, masih amat masuk akal. Karena saya menghindari makanan berat dalam perjalanan, saya hanya minum es susu kopi (bukan kopi saset) Rp 5.000. Nikmaat.


Mahkota Kayong Hotel

Perjalanan dilanjutkan sekitar 2 jam lagi. Dan tibalah saya di Sukadana, ibukota Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Kabupaten Kayong Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006.


Pantai Datok

Pantai Pulau Datok adalah salah satu taman wisata alam yang ramai dikunjungi pada saat liburan atau hari biasa. Tiap tahun wisata pantai ini menyedot ribuan pengunjung yang datang dari berbagai kecamatan di wilayah kabupaten Ketapang. Pantai yang teletak di kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) ini memiliki panorama alam yang indah. Sayangnya, waktu saya kesana, kabut asap yang lumayan pekat hingga menutupi keindahan pantai tersebut.


Kamar yang menghadap laut

Di Kayong Utara, saya menginap di Hotel Mahkota Kayong. Hotel yang terdiri dari dua lantai menjorok ke arah laut. Kebetulan saya dapat kamar yang langsung menghadap laut jadi bisa menikmati laut dari balkon kamar. [KanalHotel]





No comments:

Post a Comment